Kamis, 01 Oktober 2009

SISTEM OPERASI

OPERATING SYSTEM (SISTEM OPERASI)

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.


PROSEDUR INSTALASI OS WINDOWS

1 Oktober 2009

Saat ini, OS (Operating System) yang biasa diinstal dan digunakan adalah Windows XP atau Windows Vista meskipun ada juga yang memakai Linux dan Macintosh. Dengan menginstal OS berarti memasukkan atau memberikan sistem operasi sebagai dasar mutlak agar dapat mengoperasikan komputer sesuai dengan fungsinya.
Cara penginstalan OS Microsoft Windows Vista terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan seri Windows 95, 98, Me dan Windows XP.
Namun, jika ada diantara kamu masih ada yang bingung untuk langkah-langkah penginstalan OS Windows Vista/takut salah, berikut ini akan aku beri proses langkah mudahnya :

  1. Siapkan CD sistem operasi Windows Vista Original beserta nomor serinya.
  2. Persiapkan semua driver setiap komponen yang ada di dalam komputer, misalnya driver motherboard, kartu grafis, LAN card, sound card, dll.
  3. Lakukan konfigurasi setting setup BIOS untuk mengubah sistem drive awal booting pada komputer dengan cara mengubah 1st Boot Drive menjadi CD Room yang terdapat pada menu BIOS Features Setup. Pastikan pilih menu save dan exit setup untuk menyimpan perubahan konfigurasi yang sudah dilakukan.
  4. Masukkan CD Windows Vista ke CD-Rom. Restart komputer tsb.

Perbedaan Macintosh dengan Windows


Kelebihan dari windows selama ini terletak pada itemnya yang friendly karena banyak digunakan oleh para pengguna IT di seluruh dunia, dari kecil sejak mengenal komputer kita sudah dibiasakan dengan Windows, jika rusak kita juga bisa dengan mudah memperbaikinya karena banyak teknisi windows disekitar kita
Kelemahan Windows selama ini adalah karena ia mudah diserang virus, hal ini wajar karena ia banyak digunakan oleh para IT User jadi banyak orang sudah mengerti tentang bahasa programnya. Ia juga tidak bisa dikembangkan secara mandiri dan harus menunggu Microsoft, tidak ada source code-nya, disamping itu pula ia dikenal sebagai OS yang mudah hang walau juga dikenal mudah untuk memperbaikinya, hardware konflik adakalanya terjadi pada Windows karena ia bisa di injekkan pada komputer rakitan.

Macintosh selama ini mempunyai kelebihan dalam kinerja pembuatan design, musik, dan film. Tidak bisa dibayangkan bagaimana ribetnya jika kita melakukan semua itu lewat Windows. Macintosh hingga saat ini memang lebih banyak menunjuk pada tiga hal tersebut. Tapi selain itu MAC juga dikenal sebagai OS yang eye catching, tidak terjadi hardware konflik karena sudah satu paket dengan MAC OS, ia juga tidak rentan virus.
Kelemahannya karena keeksklusifan satu paketnya membuat kita harus mengeluarkan biaya banyak,padahal dirumah kita sudah memiliki komputer misalnya tentu kita harus membeli komputer lagi. Selain itu hampir sama dengan Linux, untuk menggunakan MAC kita juga harus belajar ekstra karena banyak system pengoperasian yang tidak umum bagi pengguna IT awam.


FIFO (komputer)

FIFO adalah akronim untuk First In, First Out, sebuah abstraksi dengan cara-cara mengorganisasi dan manipulasi data relatif terhadap waktu dan prioritas. Ungkapan ini menggambarkan prinsip antrian teknik pengolahan atau tuntutan yang bertentangan melayani proses pemesanan dengan pertama-datang, pertama-dilayani (FCFS) perilaku: apa yang datang pertama adalah pertama ditangani, apa yang muncul di samping pertama menunggu sampai selesai, dll .

Jadi itu adalah analog dengan perilaku orang queueing (atau "berdiri di baris", dalam istilah Amerika umum), di mana orang-orang meninggalkan antrian dalam urutan mereka tiba, atau menunggu giliran satu di sebuah sinyal kontrol lalu lintas. FCFS juga merupakan nama singkat (lihat Jargon dan singkatan) untuk sistem operasi FIFO algoritma penjadwalan, yang memberikan setiap proses CPU dalam urutan waktu mereka datang. Dalam arti luas, yang abstraksi LIFO, atau Last-In-First-Out adalah kebalikan dari FIFO abstraksi organisasi, perbedaan mungkin adalah jelas dengan mempertimbangkan kurang umum digunakan sinonim dari LIFO, Filo-makna First-In-Terakhir - luar. Pada intinya, keduanya adalah kasus khusus dari daftar yang lebih umum (yang dapat diakses di mana saja). Perbedaan ini tidak ada dalam daftar (data), tetapi dalam aturan untuk mengakses konten. Satu sub-tipe menambahkan pada salah satu ujungnya, dan lepas landas dari yang lain, sebaliknya mengambil dan menempatkan sesuatu hanya pada salah satu ujungnya. [1]

Sebuah prioritas antrian adalah variasi pada antrian yang tidak memenuhi syarat untuk nama FIFO, karena tidak secara akurat menggambarkan bahwa struktur data 's perilaku. Teori queueing mencakup konsep yang lebih umum dari antrian, serta interaksi antara ketat-FIFO antrian.


Queue (struktur data)

Sebuah antrian (pengucapan / kju ː /) adalah jenis tertentu koleksi di mana entitas dalam koleksi ini disimpan dalam rangka dan kepala sekolah (atau hanya) operasi di koleksi penambahan entitas ke belakang posisi terminal dan penghapusan entitas dari depan posisi terminal. Hal ini membuat antrian yang Pertama-In-First-Out (FIFO) struktur data. Dalam FIFO struktur data, elemen pertama ditambahkan ke antrian akan menjadi yang pertama untuk dihapus. Hal ini setara dengan persyaratan bahwa setiap kali suatu elemen yang ditambahkan, semua elemen yang ditambahkan sebelum harus dihapus sebelum elemen baru dapat diajukan. Sebuah antrian adalah contoh struktur data linear.

Antrian menyediakan layanan dalam ilmu komputer, transportasi dan riset operasi di mana berbagai pihak seperti data, benda, orang, atau peristiwa yang disimpan dan diadakan untuk diproses kemudian. Dalam konteks ini, antrean melakukan fungsi dari suatu buffer.

Antrian yang sering terjadi pada program komputer, di mana mereka diimplementasikan sebagai struktur data akses digabungkan dengan rutinitas, sebagai suatu struktur data abstrak atau dalam bahasa-bahasa berorientasi objek seperti kelas. Penerapan umum adalah lingkaran buffer dan daftar terkait.


Data buffer

Dalam komputasi, penyangga adalah wilayah memori yang digunakan untuk menyimpan sementara data sementara itu sedang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya, data tersebut akan disimpan dalam buffer seperti yang diambil dari sebuah perangkat input (seperti keyboard) atau hanya sebelum dikirim ke perangkat output (seperti printer). Namun, buffer dapat digunakan bila memindahkan data antara proses-proses dalam komputer. Hal ini sebanding dengan buffer di bidang telekomunikasi. Buffer dapat diimplementasikan dalam perangkat keras atau perangkat lunak baik, tetapi sebagian besar buffer dilaksanakan dalam perangkat lunak. Buffer biasanya digunakan ketika ada perbedaan antara kecepatan data yang diterima dan tingkat di mana bisa diproses, atau dalam kasus bahwa angka ini adalah variabel, misalnya di printer spooler.

Aplikasi

Buffer sering digunakan bersama-sama dengan I / O untuk perangkat keras, seperti disk drive, mengirim atau menerima data ke atau dari jaringan, atau bermain suara pada pembicara. Sebuah baris ke roller di sebuah taman hiburan saham banyak kesamaan. Orang-orang yang naik coaster datang pada yang tidak dikenal dan sering variabel kecepatan, tapi roller coaster akan dapat beban orang-orang di semburan (sebagai tatakan tiba dan di-load). Di daerah antrian bertindak sebagai penyangga: sementara ruang di mana mereka yang ingin naik menunggu sampai naik tersedia. Buffer biasanya digunakan dalam FIFO (pertama datang, pertama keluar) metode, output data dalam urutan itu tiba.


Spooling

Dalam ilmu komputer, spooling mengacu pada proses mentransfer data dengan penempatannya dalam wilayah kerja sementara di mana program lain dapat mengaksesnya untuk diproses di kemudian titik waktu. Istilah "spool" merupakan akronim dari "Simultaneous Peripheral Operation On Line" . Normal kata kerja bahasa Inggris "spool" dapat merujuk kepada tindakan perangkat penyimpanan yang menggabungkan spool atau reel fisik, seperti tape drive; singkatan itu mungkin direncanakan oleh analogi.

Perifer simultan akronim untuk operasi on-line, spooling mengacu pada meletakkan pekerjaan di penyangga, wilayah khusus dalam memori atau pada disk dimana perangkat dapat mengaksesnya bila sudah siap. Spooling adalah perangkat bermanfaat karena mengakses data dengan kecepatan yang berbeda. Buffer menyediakan stasiun menunggu dimana data dapat beristirahat sementara perangkat lambat menangkap up.

Wilayah kerja sementara ini bisa menjadi file atau perangkat penyimpanan, tapi mungkin bukan penyangga. Biasa menggunakan istilah spooling berlaku untuk situasi di mana ada sedikit atau tidak ada komunikasi langsung antara program menulis data dan program membacanya. Spooling sering digunakan bila menulis perangkat data yang lebih cepat dari perangkat target dapat membacanya, sehingga memungkinkan perangkat lambat untuk bekerja pada kecepatan sendiri tanpa memerlukan pemrosesan untuk menunggu itu untuk mengejar ketinggalan. Data hanya dimodifikasi melalui penambahan atau penghapusan di ujung daerah, yaitu, tidak ada akses acak atau mengedit.

Yang paling umum adalah mencetak spooling aplikasi spooling: dokumen-dokumen yang diformat untuk dicetak disimpan ke buffer (biasanya merupakan kawasan di disk) dengan prosesor yang cepat dan diambil dan dicetak oleh yang relatif lambat printer pada menilai sendiri. Begitu cepat prosesor telah menulis dokumen ke perangkat spul telah selesai dengan pekerjaan dan sepenuhnya tersedia untuk proses lain. Satu atau lebih proses dapat dengan cepat menulis beberapa dokumen ke antrian cetak tanpa menunggu masing-masing untuk mencetak sebelum menulis berikutnya. Spooler atau mencetak memungkinkan perangkat lunak manajemen prioritas yang akan ditugaskan untuk pekerjaan, memberitahu pengguna ketika mereka telah dicetak, mendistribusikan pekerjaan di antara beberapa printer, biarkan alat tulis harus diubah atau memilih secara otomatis, menghasilkan halaman banner untuk mengidentifikasi dan memisahkan pekerjaan cetak, dll

Tempat penyimpanan sementara yang E-mail disampaikan oleh Mail Transfer Agent dan di mana ia menunggu untuk diambil oleh seorang Mail User Agent kadang-kadang disebut sebagai mail spool. Demikian pula, adalah tempat penyimpanan Usenet artikel dapat disebut sebagai berita spul. (Pada mirip Unix sistem, daerah ini biasanya terletak di / var / spool direktori.) Tidak seperti kelos, gelendong mail dan berita biasanya memudahkan akses acak ke setiap pesan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar